keindahan

keindahan

Jumat, 08 Oktober 2010

kependudukan

KEPENDUDUKAN

A.    Definisi Kependudukan
Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang masuk dalam daftar negara yang menyumbang kepadatan penduduk di dunia. Oleh sebab itu, masalah penduduk adalah hal yang krusial untuk bangsa ini.

Namun,Sebelum kita membahas apa yang dimaksud dengan kependudukan lebih jauh, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang di maksud dengan penduduk.
Penduduk atau warga suatu negara atau daerah bisa didefinisikan menjadi dua:
1.      Orang yang tinggal di daerah tersebut

2.      Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut. Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di tempat tersebut. Misalkan bukti kewarganegaraan, tetapi memilih tinggal di daerah lain.

Sementara definisi dari Kependudukan adalah hal ihwal yang berkaitan dengan jumlah, ciri utama, pertumbuhan, persebaran, mobilitas, penyebaran, kualitas, kondisi, kesejahteraan yang menyangkut politik, ekonomi, sosial, budaya, agama serta lingkungan penduduk tersebut

Oleh sebab itulah,Masalah-masalah kependudukan dipelajari dalam ilmu Demografi. Berbagai aspek perilaku menusia dipelajari dalam sosiologi, ekonomi, dan geografi. Demografi banyak digunakan dalam pemasaran, yang berhubungan erat dengan unit-unit ekonomi, seperti pengecer hingga pelanggan potensial.
Banyaknya hal yang berkaitan dengan kependudukan inilah yang mengakibatkan masalah kependudukan semakin kompleks, terutama di negara kita ini.

B.     Masalah yang Timbul dalam Kependudukan
Sebagaimana diketahui, ciri persoalan kependudukan Indonesia adalah kosentrasi lokasi penduduk di daerah-daerah padat, penyebarannya tidak proporsional, rata-rata pertumbuhannya relatif tinggi, dan kurangnya pemahaman bahwa persoalan kependudukan adalah masalah nasional yang multidimensi dan berdampak luas.
a.       Angka kelahiran;
Natalitas( angka kelahiran/ fertilitas) adalah jumlah kelahiran per 1.000 orang tiap tahun.
Beberapa masalah yang terkait antara angka kelahiran dengan SDM, yaitu:

1.      Jika fertilitas semakin meningkat maka akan menjadi beban pemerintah dalam hal penyediaan aspek fisik misalnya fasilitas kesehatanketimbang aspek intelektual.
2.      Fertilitas meningkat maka pertumbuhan penduduk akan semakin meningkat tinggi akibatnya bagi suatu negara berkembang akan menunjukan korelasi negative dengan tingkat kesejahteraan penduduknya.

Jika ASFR 20- 24 terus meningkat maka akan berdampak kepada investasi SDM
yang semakin menurun.

b.      Angka kematian;
Mortalitas ( Angka Kematian)  adalah ukuran jumlah kematian (umumnya, atau karena akibat yang spesifik) pada suatu populasi, skala besar suatu populasi, per dikali satuan. Mortalitas khusus mengekspresikan pada jumlah satuan kematian per 1000 individu per tahun.
Masalah yang muncul akibat tingkat mortalitas adalah :

1) Semakin bertambahnya Angka Harapan Hidup itu berarti perlu adanya peran
pemerintah di dalam menyediakan fasilitas penampungan.
2) Perlunya perhatian keluarga dan pemerintah didalam penyediaan gizi yang
memadai bagi anak-anak (Balita).
3) Sebaliknya apabila tingkat mortalitas tinggi akan berdampak terhadap reputasi
Indonesia dimata dunia.

c.       Perpindahan penduduk, yang meliputi :
1. Urbanisasi, yaitu perpindahan penduduk dari desa ke kota.
2. Reurbanisasi, yaitu perpindahan penduduk kembali ke desa.
3. Emgrasi, yaitu perpindahan penduduk ke luar negeri.
4. Imigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari luar negeri ke dalamnegeri.
5. Remigrasi, yaitu perpindahan penduduk kembali ke negara asal.
6. Transmigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari satu pulau kepulau lain dalam satu negara


C.     Penanggulangan dari Kepadatan Penduduk

Ø  Untuk mengatasi kepadatan penduduk, pemerintah menggalakkan program transmigrasi. Adapun jenis-jenis transmigrasi yang ada adalah :

1. Transmigrasi umum, yaitu transmigrasi yang biayanya ditanggung pemerintah ditujukan untuk penduduk yang memenuhi syarat.

2. Transmigrasi spontan/swakarsa, yaitu transmigrasi yang seluruh pembiayaannya ditanggung sendiri. Pemerintah hanya menyediakan lahan pertanian dan rumah.

3. Transmigrasi lokal, yaitu transmigrasi yang dilakukan dalam satu wilayah provinsi.

4. Transmigrasi khusus/sektoral, yaitu transmigrasi yang dilakukan karena penduduk terkena bencana alam.

5. Transmigrasi bedol desa, yaitu transmigrasi yang dilakukan oleh seluruh penduduk desa berikut pejabat-pejabat pemerintahan desa.

Ø  Untuk mengatur kelahiran penduduk, pemerintah menggalakkan program Keluarga Berencana dalam rangka mencapai Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS). Program KB juga mengarah pada catur warga, yaitu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan dua orang anak. Ternyata program KB di Indonesia berhasil sangat baik dan bahkan dijadikan contoh oleh banyak negara untuk mengatasi masalah kependudukan.

Tiga jenis program perlu digalakkan secara serempak di negara ini, dengan target pemecahan masalah secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Program transmigrasi dengan sasaran daerah-daerah yang tingkat kepadatan penduduknya rendah, keluarga berencana dengan sasaran pasangan usia subur, dan pendidikan kependudukan dengan sasaran generasi muda.

Yang perlu dikondisikan terlebih dulu adalah tertanamnya pengertian bahwa masalah kependudukan adalah masalah nasional. Hal ini bisa ditanamkan lewat jalur pendidikan kependudukan, jalur formal maupun jalur nonformal. Dengan pola pikir dan perilaku yang satu bahasa, maka program transmigrasi, misalnya, bukan hanya diterima sebagai upaya untuk mensejahterakan rakyat yang ditransmigrasikan, tetapi juga disadari sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat di daerah tujuannya, dan lebih dari itu dalam rangka mewujudkan kesejahteraan kehidupan rakyat Indonesia. Program keluarga berencana bukan semata-mata ditempatkan sebagai upaya untuk mengendalikan kelahiran bayi yang terkait kondisi dan kepentingan pribadi atau keluarga, tetapi juga demi kepentingan yang lebih luas dan berdimensi masa depan, yakni kepentingan nasional.
Tanpa menempatkan kepentingan nasional di atas kepentingan lain yang lebih sempit, mustahil masalah kependudukan bisa diatasi.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Merkur - Germanic Gold 90s Classic - XN
Merkur - Germanic Gold 90s Classic. XN Merkur - Germanic Gold 90s Classic. Open comb. Regular 메리트 카지노 주소 price $4.99. worrione Price per 제왕카지노 order. Get $4.99 a

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar